Pages

  • Home
  • Tukar Link Yuk
  • About Me
  • Site Map (Daftar Isi)

4 Keterampilan Kognitif Untuk sukses Belajar

» » 4 Keterampilan Kognitif Untuk sukses Belajar
Kata "kognisi" didefinisikan sebagai "tindakan mengetahui" atau "pengetahuan." Oleh karena itu keterampilan kognitif merujuk kepada orang-keterampilan yang memungkinkan kita untuk mengetahui.

Perlu dicatat bahwa tidak ada yang setiap manusia tahu
, atau bisa lakukan, bahwa ia tidak belajar. Hal ini tentu saja tidak termasuk fungsi tubuh alami, seperti bernapas, serta refleks, misalnya menutup paksa mata ketika suatu objek pendekatan itu. Tapi selain dari itu seorang manusia tahu apa-apa, atau tidak dapat melakukan apa pun, bahwa ia tidak belajar. Oleh karena itu, semua keterampilan kognitif harus diajarkan, yang keterampilan kognitif berikut adalah yang paling penting:

KONSENTRASI

Membayar perhatian harus dibedakan dari konsentrasi. Membayar perhatian adalah fungsi tubuh, dan karena itu tidak perlu diajarkan. Namun, memperhatikan demikian adalah fungsi yang cukup berguna untuk tindakan pembelajaran, karena hanya kejadian sekilas. Perhatian biasanya bergeser sangat cepat dari satu objek atau satu hal ke yang berikutnya. Anak pertama harus diajarkan untuk memusatkan perhatian pada sesuatu dan untuk menjaga perhatiannya difokuskan pada sesuatu untuk beberapa jangka waktu. Ketika seseorang memusatkan perhatiannya untuk waktu yang lama, kita lihat sebagai konsentrasi.

Konsentrasi bersandar pada dua kaki. Pertama, adalah tindakan yang akan dan tidak dapat berlangsung secara otomatis. Kedua, juga merupakan keterampilan kognitif, dan karenanya harus diajarkan.

Meskipun spesialis ketidakmampuan belajar mengakui bahwa "kemampuan untuk berkonsentrasi dan mengurus tugas untuk jangka waktu lama sangat penting bagi siswa untuk menerima informasi yang diperlukan dan menyelesaikan kegiatan akademik tertentu," tampaknya itu bahwa kemampuan untuk berkonsentrasi dianggap sebagai " fafrotsky "- kata yang diciptakan oleh Ivan T. Sanderson, dan berdiri untuk". hal-hal yang jatuh dari langit " Konsentrasi harus diajarkan, setelah itu kemahiran seseorang dapat terus ditingkatkan dengan latihan teratur dan berkelanjutan.

PERSEPSI

Istilah "persepsi" "pemrosesan" dan sering digunakan secara bergantian.

Sebelum seseorang dapat belajar apa pun, persepsi harus berlangsung, yaitu salah satu harus menjadi sadar akan hal itu melalui salah satu indera. Biasanya kita harus mendengar atau melihatnya. Selanjutnya kita harus menafsirkan apa pun yang telah melihat atau mendengar. Pada intinya kemudian, persepsi berarti interpretasi. Tentu saja, kurangnya pengalaman bisa menyebabkan seseorang salah menafsirkan apa yang telah melihat atau mendengar. Dengan kata lain, persepsi mewakili kekhawatiran kita tentang situasi saat ini dalam hal pengalaman masa lalu kita, atau, seperti yang dinyatakan oleh filsuf Immanuel Kant (1724-1804): ". Kita melihat hal-hal yang tidak seperti mereka tetapi seperti kita"

Situasi berikut ini akan menggambarkan bagaimana persepsi berhubungan dengan pengalaman sebelumnya:

Misalkan seseorang memarkir mobil dan berjalan pergi dari situ sambil terus untuk melihat kembali hal itu. Saat ia berjalan semakin jauh dari mobilnya, ia akan muncul kepadanya seakan mobilnya secara bertahap semakin kecil dan lebih kecil. Dalam situasi seperti itu tidak dari kita, bagaimanapun, akan terkesiap ngeri dan berseru, "mobil saya menyusut!" Meskipun persepsi indrawi adalah bahwa mobil menyusut dengan cepat, kami tidak menafsirkan bahwa mobil berubah ukuran. Melalui pengalaman masa lalu kita telah belajar bahwa benda tidak tumbuh atau menyusut saat kami berjalan menuju atau jauh dari mereka. Anda telah mempelajari bahwa ukuran sebenarnya mereka tetap konstan, meskipun ilusi. Bahkan ketika seseorang lima blok jauhnya dari mobil seseorang dan tampaknya tidak lebih besar dari satu kuku, seseorang akan menafsirkan sebagai yang masih mobil seseorang dan bahwa hal itu tidak benar-benar berubah ukuran. Persepsi belajar dikenal sebagai keteguhan ukuran.

Pigmi, bagaimanapun, yang tinggal jauh di dalam hutan hujan tropis Afrika, tidak sering terkena pemandangan luas dan cakrawala jauh, dan karena itu tidak memiliki kesempatan memadai untuk belajar keteguhan ukuran. Satu Pygmy, dihapus dari lingkungan biasa, yakin ia melihat segerombolan serangga ketika ia benar-benar melihat kawanan kerbau dari jarak jauh. Ketika didorong menuju binatang ia takut melihat serangga "tumbuh" menjadi kerbau dan yakin bahwa beberapa bentuk sihir telah bekerja.

Seseorang perlu menafsirkan fenomena sensorik, dan ini hanya dapat dilakukan atas dasar pengalaman masa lalu fenomena yang sama, mirip atau terkait. kemampuan perseptual, oleh karena itu, sangat tergantung pada jumlah praktek persepsi dan pengalaman yang subjek sudah dinikmati. Ini berarti bahwa persepsi adalah keterampilan kognitif yang dapat ditingkatkan melalui praktek sangat bijaksana dan pengalaman.

MEMORY

Berbagai masalah memori yang dibuktikan dalam pembelajaran dinonaktifkan. Beberapa kategori utama fungsi memori dimana masalah berbohong adalah:

memori reseptif: ini mengacu pada kemampuan untuk mencatat ciri fisik dari stimulus yang diberikan untuk dapat mengenalinya di lain waktu. Anak yang memiliki kesulitan memproses menerima selalu gagal untuk mengenali rangsangan visual atau pendengaran seperti bentuk atau suara yang terkait dengan huruf abjad, sistem nomor, dll




memori Sequential: ini mengacu pada kemampuan untuk mengingat mereka rangsangan dalam rangka pengamatan atau presentasi. Banyak dyslexics memori berurutan miskin visual. Tentu ini akan mempengaruhi kemampuan mereka untuk membaca dan mengeja dengan benar. Setelah semua, setiap kata terdiri dari huruf dalam urutan tertentu. Untuk membaca seseorang harus merasakan huruf dalam urutan, dan juga ingat apa kata diwakili oleh urutan huruf. Dengan hanya mengubah urutan huruf dalam "nama" itu bisa menjadi "berarti" atau "amin". Beberapa juga memiliki memori auditori sekuensial miskin, dan karena itu mungkin tidak dapat mengulang kata-kata lagi secara lisan tanpa mendapatkan suku kata dalam urutan yang salah, contoh kata-kata seperti "awal" dan "statistik".

memori Rote: ini mengacu pada kemampuan untuk belajar informasi tertentu sebagai sebuah pola kebiasaan. Anak yang memiliki masalah di daerah ini tidak dapat mengingat dengan mudah mereka respon yang seharusnya otomatis, seperti abjad, sistem nomor, tabel perkalian, ejaan aturan, aturan tata bahasa, dll

memori jangka pendek: memori jangka pendek berlangsung dari beberapa detik untuk menit, jumlah waktu yang tepat dapat bervariasi sedikit. Ketika Anda mencoba untuk mengingat nomor telepon yang terdengar beberapa detik sebelumnya, nama seseorang yang baru saja diperkenalkan, atau substansi pernyataan hanya dibuat oleh seorang guru di kelas, Anda panggil pada memori jangka pendek . Anda perlu semacam ini memori untuk mempertahankan ide-ide dan pikiran saat menulis surat, karena Anda harus mampu menjaga kalimat terakhir dalam pikiran saat Anda menulis berikutnya. Anda juga perlu seperti ini memori bila Anda bekerja pada masalah. Misalkan masalah yang diperlukan yang pertama-tama kita tambahkan dua angka bersama (langkah 1: tambahkan 15 27) dan selanjutnya membagi jumlah (langkah 2: membagi jumlah oleh 2). Jika kita melakukan ini masalah di kepala kita, kita perlu mempertahankan hasil langkah 1 (42) sesaat, sementara kita menerapkan langkah berikutnya (membagi dengan 2). Beberapa ruang dalam memori jangka pendek kita perlu untuk mempertahankan hasil langkah 1.

memori jangka panjang: ini mengacu pada kemampuan untuk mengambil informasi tentang hal-hal yang dipelajari di masa lalu.

Sampai belajar cacat mengembangkan keterampilan yang memadai dalam mengingat informasi, mereka akan terus menghadapi setiap situasi belajar seolah-olah itu adalah salah satu yang baru. Tidak ada kemajuan yang nyata dapat dicapai baik oleh anak atau guru ketika tanah yang sama harus ditutupi berulang-ulang karena anak telah dilupakan. Ini akan muncul bahwa kebutuhan yang paling penting bahwa belajar penyandang cacat harus harus membantu mengembangkan sistem pengolahan yang efektif untuk mengingat, karena tanpa itu kinerja mereka selalu akan tetap pada tingkat yang jauh di bawah apa yang menunjukkan kemampuan mereka.

Anehnya, meskipun, sedangkan memori universal dianggap sebagai keterampilan prasyarat untuk belajar berhasil, upaya untuk menggambarkan proses dalam metode pembelajaran cacat sedikit, dan lebih sedikit lagi harus sistematis memperbaikinya.

BERPIKIR LOGIS

Dalam bukunya "Membangun Otak" Dr Karl Albrecht menyatakan bahwa pemikiran logis bukanlah proses ajaib atau masalah abadi genetik, melainkan suatu proses mental belajar. Ini adalah proses di mana seseorang menggunakan penalaran konsisten untuk datang ke suatu kesimpulan. Masalah atau situasi yang melibatkan panggilan berpikir logis untuk struktur, untuk hubungan antara fakta, dan untuk rantai pemikiran bahwa "masuk akal."

Dasar dari semua pemikiran logis adalah berpikir sekuensial, kata Dr Albrecht. Proses ini melibatkan mengambil ide-ide penting, fakta, dan kesimpulan yang terlibat dalam masalah dan mengatur mereka dalam rantai kemajuan seperti yang mengambil makna dalam dan dari dirinya sendiri. Untuk berpikir logis adalah berpikir dalam langkah-langkah.

berpikir logis juga merupakan keterampilan dasar penting dari matematika. "Belajar matematika adalah proses yang sangat berurutan," kata Dr Albrecht. "Jika Anda tidak memahami suatu konsep tertentu, fakta, atau prosedur, Anda tidak bisa berharap untuk memahami orang lain yang datang kemudian, yang tergantung pada hal itu. Sebagai contoh, untuk memahami fraksi pertama anda harus mengerti divisi. Untuk memahami persamaan sederhana dalam aljabar mengharuskan bahwa Anda memahami fraksi. Pemecahan 'masalah kata' tergantung pada mengetahui cara mengatur dan memanipulasi persamaan, dan seterusnya. "

Telah terbukti bahwa pelatihan khusus dalam proses berpikir logis bisa membuat orang "pintar." berpikir logis memungkinkan seorang anak untuk menolak jawaban cepat dan mudah, seperti "Saya tidak tahu," atau "ini terlalu sulit," dengan memberdayakan dia untuk mempelajari lebih dalam proses nya berpikir dan memahami lebih baik metode yang digunakan untuk tiba pada suatu solusi.

0 comments: