Pages

  • Home
  • Tukar Link Yuk
  • About Me
  • Site Map (Daftar Isi)

Spesifikasi Lengkap F-16 Fighting Falcon (Pesawat Tempur Terlaris)

» » Spesifikasi Lengkap F-16 Fighting Falcon (Pesawat Tempur Terlaris)

F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-peran yang dikembangkan oleh General Dynamics (lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin), di Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur ringan, dan akhirnya ber-evolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer. Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai untuk segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat. Pesawat ini sangat popular di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara. F-16 merupakan proyek pesawat tempur Barat yang paling besar dan signifikan, dengan
sekitar 4000 F-16 sudah di produksi sejak 1976. Pesawat ini sudah tidak diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, tapi masih diproduksi untuk ekspor.
F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g.
Pada tahun 1993, General Dynamics menjual bisnis produksi pesawat mereka kepada Lockheed Corporation, yang kemudian menjadi bagian dari Lockheed Martin setelah merger dengan Martin Marietta pada tahun 1995.

F-16 Fighting Falcon












F-16 pada Perang Irak, Maret 2003.
 TipePesawat tempur
 ProdusenGeneral Dynamics
Lockheed Martin
 Terbang perdana2 Februari 1974
 Diperkenalkan17 Agustus 1978
 StatusAktif
 PenggunaAmerika Serikat
24 negara lainnya
 Jumlah produksiLebih dari 4.000
 Harga satuanUS$18,8 juta (1998)
 VarianGeneral Dynamics F-16XL
Mitsubishi F-2






Sejarah
F-16 Fighting Falcon
Lainnya...

Kemampuan F-16
Pada tahun 1960-an, Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat menyimpulkan bahwa masa depan pertempuran udara akan ditentukan oleh peluru kendali yang semakin modern. Dan bahwa pesawat tempur masa depan akan digunakan untuk mengejaran jarak jauh, berkecepatan tinggi, dan menggunakan sistem radar yang sangat kuat untuk mendeteksi musuh dari kejauhan. Ini membuat desain pesawat tempur masa ini lebih seperti interseptor daripada pesawat tempur klasik. Pada saat itu, Amerika Serikat menganggap pesawat F-111 (yang pada saat itu masih dalam tahap pengembangan) dan F-4 Phantom akan cukup untuk kebutuhan pesawat tempur jarak jauh dan menengah, dan didukung oleh pesawat jarak dekat bermesin tunggal seperti F-100 Super Sabre, F-104 Starfighter, dan F-8 Crusader.


United Arab Emirates Air Force F-16E Block 60 taking off after taxiing out of theLockheed Martin plant in Fort Worth, Texas.


Pada Perang Vietnam, Amerika Serikat menyadari bahwa masih banyak kelemahan pada pesawat-pesawat mereka. Peluru kendali udara ke udara pada masa itu masih memiliki banyak masalah, dan pemakaiannya juga dibatasi oleh aturan-aturan tertentu. Selain itu, pertempuran di udara lebih banyak berbentuk pertempuran jarak dekat dimana kelincahan di udara dan senjata jarak dekat sangat diperlukan.
Kolonel John Boyd mengembangkan teori tentang perawatan energi pada pertempuran pesawat tempur, yang bergantung pada sayap yang besar untuk bisa melakukan manuver udara yang baik. Sayap yang lebih besar akan menghasilkan gesekan yang lebih besar saat terbang, dan biasanya menghasilkan jarak jangkau yang lebih sedikit dan kecepatan maksimum yang lebih kecil. Boyd menganggap pengorbanan jarak dan kecepatan perlu untuk menghasilkan pesawat yang bisa bermanuver dengan baik. Pada saat yang sama, pengembangan F-111 menemui banyak masalah, yang mengakibatkan pembatalannya, dan munculnya desain baru, yaitu F-14 Tomcat. Dorongan Boyd tentang pentingnya pesawat yang lincah, gagalnya program F-111, dan munculnya informasi tentang MiG-25 yang saat itu kemampuan dibesar-besarkan membuat Angkatan Udara Amerika Serikat memulai perancangan pesawat mereka sendiri, yang akhirnya menghasilkan F-15 Eagle.



Testing of the F-35 DiverterlessSupersonic Inlet on an F-16 testbed. The original intake is shown in the top image.


Pada saat pengembangannya, F-15 berevolusi menjadi besar dan berat seperti F-111. Ini membuat Boyd frustrasi dan ia pun meyakinkan beberapa petinggi Angkatan Udara lain bahwa F-15 membutuhkan dukungan dari pesawat tempur yang lebih ringan. Grup petinggi Angkatan Udara ini menyebut diri mereka "fighter mafia", dan mereka bersikeras akan dibutuhkannya program Pesawat Tempur Ringan (Light Weight Fighter, LWF).
Pada Mei 1971, Kongres Amerika Serikat mengeluarkan laporan yang mengkritik tajam program F-14 dan F-15. Kongres mengiyakan pendanaan untuk program LWF sebesar US$50 juta, dengan tambahan $12 juta pada tahun berikutnya. Beberapa perusahaan memberikan proposal, tetapi hanya General Dynamics dan Northrop yang sebelumnya sudah memulai perancangan dipilih untuk memproduksi prototip. Pesawat mereka mulai diuji pada tahun 1974. Program LWF awalnya merupakan program evaluasi tanpa direncanakan pembelian versi produksinya, tetapi akhirnya program ini dirubah namanya menjadi Air Combat Fighter, dan Angkatan Udara AS mengumumkan rencana untuk membeli 650 produk ACF. Pada tanggal 13 Januari 1975 diumumkan bahwa YF-16 General Dynamics mengalahkan saingannya, YF-17.


The YF-16 adalah pesawat pertama di dunia yang sengaja dirancang untuk sedikit aerodinamis tidak stabil. Teknik ini, disebut "stabilitas statis santai" (RSS), didirikan untuk lebih meningkatkan kinerja manuver pesawat. Kebanyakan pesawat dirancang dengan stabilitas statis positif, yang mendorong pesawat untuk kembali ke sikap aslinya berikut gangguan. Ini menghambat manuver, sebagai kecenderungan untuk tetap dalam sikap saat ini menentang upaya pilot untuk manuver, di sisi lain, sebuah pesawat dengan stabilitas statis negatif akan, dengan tidak adanya masukan kontrol, mudah menyimpang dari tingkat dan penerbangan dikendalikan. Oleh karena itu, pesawat dengan stabilitas statis negatif akan lebih banyak bermanuver dari satu yang positif stabil. Ketika supersonik, pesawat negatif stabil sebenarnya pameran yang lebih positif-berarah (dan dalam kasus F-16, jaring positif) stabilitas statis karena pergeseran gaya aerodinamika belakang antara penerbangan subsonik dan supersonik. Pada kecepatan subsonik tempur ini terus di ambang keluar dari kendali.




Mechanics actuating an F-16 exhaust nozzle.


Mekanika Penggerak F-16

Turbofany yang pertama dipilih untuk tunggal F-16 bermesin adalah Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan afterburning, sedikit versi modifikasi dari F100-PW-100 yang digunakan oleh F-15. Rated di 23.830 lbf (106,0 kN) dorong, itu tetap F-16 mesin standar melalui Blok 25, kecuali untuk yang baru-membangun 15s Blok dengan Kemampuan Operasional Upgrade (OCU). Para OCU memperkenalkan 23.770 lbf (105,7 kN) F100-PW-220, yang juga diinstal pada Blok 32 dan 42 pesawat, sedangkan tidak menawarkan perbedaan penting di dorong, itu memperkenalkan Digital Electronic Engine Control (DEEC) unit yang diperbaiki keandalan dan mengurangi risiko kios mesin (kecenderungan sesekali tidak disukai dengan yang asli "-200" yang mengharuskan mesin udara restart). Diperkenalkan pada garis-16 F produksi pada tahun 1988, "-220" juga menggantikan F-15's "-100," demikian memaksimalkan kesamaan. Banyak dari "-220" mesin jet pada Blok 25 dan pesawat kemudian ditingkatkan dari pertengahan 1997 sampai standar "-220E", yang selanjutnya meningkatkan keandalan dan maintainability, termasuk pengurangan 35% dari tingkat mesin terjadwal penghapusan.
Pengembangan F100-PW-220/220E merupakan hasil dari Angkatan Udara program Fighter Alternatif Engine (AFE) (bahasa sehari-hari dikenal sebagai "Mesin Perang Besar"), yang juga melihat masuknya General Electric sebagai F-16 penyedia mesin . F110 Its-GE-100 turbofan dibutuhkan modifikasi inlet F-16; inlet asli terbatas dorong maksimum jet GE untuk 25.735 lbf (114,5 kN), sedangkan Modular baru Common Inlet Duct diperbolehkan F110 untuk mencapai dorong maksimum sebesar 28.984 lbf (128,9 kN) di afterburner. (Untuk membedakan antara pesawat dilengkapi dengan dua mesin dan inlet, dari seri 30 Blok pada, blok berakhiran "0" (misalnya, Blok 30) yang didukung oleh GE, dan blok berakhir di "2" (misalnya, Blok 32) dilengkapi dengan mesin Pratt & Whitney.)
Pengembangan lebih lanjut oleh pesaing di bawah upaya Engine Peningkatan Kinerja (IPE) menyebabkan 29.588 lbf (131,6 kN) F110-GE-129 di Blok 50 dan 29.100 lbf (129,4 kN) F100-PW-229 di Blok 52. F-16 mulai terbang dengan mesin ini IPE pada tanggal 22 Oktober 1991 dan 22 Oktober 1992, masing-masing. Secara keseluruhan, dari 1.446 F-16C/Ds diperintahkan oleh USAF, 556 telah dilengkapi dengan mesin F100-seri dan 890 dengan F110s. ] The United Arab Emirates 'Blok 60 ini didukung oleh turbofan General Electric F110-GE-132 , yang dinilai di dorong maksimum 32.500 lbf (144,6 kN), tertinggi yang pernah dikembangkan untuk pesawat F-16



F-16CJ-50C from 20 Fighter Wing (Shaw AFB) armed with air-to-air and SEADordnance


Salah satu fitur yang lebih penting dari sudut pandang pilot adalah sudut pandang yang luar biasa luas, sudut pandang F-16 dari kokpit, sebuah fitur yang sangat penting selama udara-untuk memerangi-udara. Potongan-tunggal, gelembung polycarbonate burung-bukti kanopi menyediakan visibilitas 360 ° semua-bulat, dengan sudut 40 ° melihat-down ke sisi pesawat, dan 15 ° ke bawah hidung (dibandingkan dengan yang lebih umum 12-13 ° dari pendahulunya); kursi pilot dipasang pada jalur tumit tinggi untuk mencapai hal ini. Selanjutnya, kanopi F-16 tidak memiliki frame ke depan busur ditemukan pada sebagian besar pejuang, yang menghambat beberapa visi ke depan pilot. (Panjang pengaturan tandem dua-kursi F-16 membutuhkan bingkai struktural antara para pilot.)


F-16 Ground Trainer Cockpit (F-16 MLU version)




The four-vent cannon port on an F-16A

F-16 kokpit juga memiliki head up display (HUD), yang proyek penerbangan visual dan informasi tempur dalam bentuk simbol dan karakter alfanumerik di depan pilot tanpa menghalangi pandangannya. Mampu menjaga kepalanya "keluar dari kokpit" lebih meningkatkan kesadaran situasional pilot apa yang terjadi di sekitar dia  Boeing Joint Helmet Mounted isyarat System (JHMCS). Juga tersedia dari Blok 40 dan seterusnya untuk digunakan dengan tinggi-off -boresight udara-ke-udara rudal seperti AIM-9X. JHMCS izin cuing sistem senjata ke arah di mana kepala pilot menghadap-bahkan luar lapangan HUD pandang-sambil tetap mempertahankan kesadaran situasional nya JHMCS ini. Pertama operasional digunakan selama Operasi





U.S. Air Force Thunderbirds pilot ejects from his F-16 at an air show in September 2003

    Varian

    Varian F-16 ditandai oleh nomer blok yang menandakan pembaruan yang signifikan. Blok ini mencakup versi kursi tunggal dan kursi ganda.











    F-16 A/B

    F-16A Norwegia diatas daerah Balkan.

    F-16A Norwegia diatas daerah Balkan.
    F-16 A/B awalnya dilengkapi Westinghouse AN/APG-66 Pulse-doppler radar, Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan, dengan 14.670 lbf (64.9 kN), 23.830 lbf (106,0 kN) dengan afterburner. Angkatan Udara AS membeli 674 F-16A dan 121 F-16B, pengiriman selesai pada Maret 1985.
    Blok 1
    Blok awal (Blok 1/5/10) memiliki relatif sedikit perbedaan. Sebagian besar diperbarui menjadi Blok 10 pada awal 1980-an. Ada 94 Blok 1, 197 Blok 5, dan 312 Blok 10 yang diproduksi. Blok 1 model awal produksi dengan hidung dicat hitam.
    Blok 5
    Diketahui kemudian bahwa hidung hitam menjadi identifikasi visual jarak jauh untuk pesawat Blok 1, sehingga warnanya diubah menjadi abu-abu untuk Blok 5 ini. Pada F-16 Blok 1, ditemukan bahwa air hujan dapat berkumpul pada beberapa titik di badan pesawat, sehingga untuk Blok 5 dibuat lubang saluran air.
    Blok 10
    Pada akhir 1970-an, Uni Soviet secara signifikan mengurangi ekspor titanium, sehingga produsen F-16 mulai menggunakan alumunium. Metode baru pun dilakukan: aluminum disekrup ke permukaan pesawat Blok 10, menggantikan cara pengeleman pada pesawat sebelumnya.
    Blok 15
    Perubahan besar pertama F-16, pesawat Blok 15 ditambahkan stabiliser horizontal yang lebih besar, ditambah dua hardpoint di bagian dagu, radar AN/APG-66 yang lebih baru, dan menambah kapasitas hardpoint bawah sayap. F-16 diberikan radio UHF Have Quick II. Blok 15 adalah varian F-16 yang paling banyak diproduksi, yaitu 983 buah. Produksi terakhir dikirim pada tahun 1996 ke Thailand. Indonesia memiliki varian ini sebanyak 12 unit.
    Blok 15 OCU
    Mulai tahun 1987 pesawat Blok dikirim ke dengan memenuhi standar Operational Capability Upgrade (OCU), yang mencakup mesin F100-PW-220 turbofans dengan kontrol digital, kemamampuan menembakkan AGM-65, AMRAAM, dan AGM-119 Penguin, serta pembaruan pada kokpit, komputer, dan jalur data. Berat maksimum lepas landasnya bertambah menjadi 17.000 kg. 214 pesawat menerima pembaruan ini, ditambah dengan beberapa pesawat Blok 10.
    Blok 20
    150 Blok 15 OCU untuk Taiwan dengan tambahan kemampuan yang serupa dengan F-16 C/D Blok 50/52: menembakkan AGM-45 Shrike, AGM-84 Harpoon, AGM-88 HARM, dan bisa membawa LANTIRN. Komputer pada Blok 20 diperbarui secara signifikan, dengan kecepatan proses 740 kali lipat, dan memori 180 kali lipat dari Blok 15 OCU.



    Spesifikasi (F-16C Blok 30)



    Orthographically projected diagram of the F-16.





    Karakteristik umum
    Kru: 1
    Panjang: 49 ft 5 in (14.8 m)
    Lebar sayap: 32 ft 8 in (9.8 m)
    Tinggi: 16 ft (4.8 m)
    Area sayap: 300 ft² (27.87 m²)
    Airfoil: NACA 64A204 root and tip
    Berat kosong: 18,238 lb (8,272 kg)
    Berat terisi: 26,463 lb (12,003 kg)
    Berat maksimum lepas landas: 42,300 lb (16,875 kg)
    Mesin: 1× Pratt & Whitney F100-PW-220 afterburning turbofan
    Dorongan kering: 14,590 lbf (64.9 kN)
    Dorongan dengan afterburner: 23,770 lbf (105.7 kN)
    Alternate powerplant: 1× General Electric F110-GE-100 afterburning turbofan
    Dry thrust: 17,155 lbf (76.3 kN)
    Thrust with afterburner: 28,985 lbf (128.9 kN)
    Performa
    Kecepatan maksimum: >Mach 2 (1,320 mph, 2,124 km/h) at altitude
    Radius tempur: 340 mi (295 nm, 550 km) on a hi-lo-hi mission with six 1,000 lb (450 kg) bombs
    Jarak jangkau ferri: >3,200 mi (2,800 nm, 4,800 km)
    Batas tertinggi servis: >55,000 ft (15,000 m)
    Laju panjat: 50,000 ft/min (260 m/s)
    Beban sayap: 88.2 lb/ft² (431 kg/m²)
    Dorongan/berat: F100 0.898; F110 1.095
    Persenjataan
    Senjata api: 1× 20 mm (0.787 in) M61 Vulcan gatling gun, 511 rounds
    Roket: 2¾ in (70 mm) CRV7
    Rudal:
    Air-to-air missiles:
    6× AIM-9 Sidewinder or
    6× AIM-120 AMRAAM or
    6× Python-4
    Air-to-ground missiles:
    6× AGM-65 Maverick or
    4× AGM-88 HARM
    Anti-ship missiles: 4× AGM-119 Penguin
    Bom:
    2× CBU-87 cluster
    2× CBU-89 gator mine
    2× CBU-97
    4× GBU-10 Paveway
    6× GBU-12 Paveway II
    6× Paveway-series laser-guided bombs
    4× JDAM
    4× Mk 80 series
    B61 nuclear bomb
    Lainya:
    SUU-42A/A Flares/Infrared decoys dispenser pod and chaff pod or
    AN/ALQ-131 & AN/ALQ-184 ECM pods or
    LANTIRN, Lockheed Martin Sniper XR & LITENING targeting pods or
    up to 3× 300/330/370 US gallon Sargent Fletcher drop tanks for ferry flight/extended range/loitering time.
    Avionik
    AN/APG-68 radar

    14 comments:

    Anonymous said...

    unlock iphone 4
    how to unlock iphone 4

    I have Windows 7 Ultimate installed in my HCL laptop. Last month i was encrypting my external hard disk with "bit locker drive encryption". It started normally, but suddenly after 49%, it stuck, displaying an error: "An error occurred. This disk has one or more errors, run chkdsk/r, if the error persist this may be indicative of a hardware fault..." I then thought to decrypt my data back and to disable the protection. When I tried doing this, after some time my PC hanged and the operation got aborted. When I restarted my system, i found that the disk is not being detected. It is not shown in "computer", although the disk lights were on. I tried running the hard disk in "Ubuntu OS", it works there, but all my data is encrypted. My hard disk is absolutely fine and OK. There is no problem with hardware and no virus is there in my PC as well. What to do now? How can i get my data back and how can i decrypt my harddisk? Please help, since this data worths me a lot. The capacity of my hard disk is 250GB and its a Western Digital brand. Thanks, Niks.
    unlock iphone 4 how to unlock iphone 4 unlock iphone 4
    now a few days ago i was on my most used account on my computer and outta nowhere it says i have a virus and that everything is infected and anytime i click on anything it says the application cannot be executed because it is infected and this keeps popping up every 5 seconds and its annoying because i have a lot of pictures,videos,music,etc. on that account and its only that account that is infected and no other ones which i think doesn't make sense but whatever is there anyway to transfer my stuff from my old account onto my new one? or maybe fix my old account?because nothing works on my old one. when i click on it to scan my computer it wont help it just scans which is bullshit HELP I DON'T WANNA LOSE ALL MY MUSIC ON ITUNES!!!!!!and other stuff!! unlock iphone 4

    how to unlock iphone 4 unlock iphone 4 [url=http://theunlockiphone4.com]unlock iphone 4 [/url] unlock iphone 4

    Anonymous said...

    [url=http://loveepicentre.com/success_stories.php][img]http://loveepicentre.com/uploades/photos/11.jpg[/img][/url]
    fob fucker dating guide [url=http://loveepicentre.com/map.php]christian married dating[/url] who is cam gigandet dating
    ryan phillippe dating [url=http://loveepicentre.com/taketour.php]dating girl friend[/url] history of dating etiquette
    iran dating sites [url=http://loveepicentre.com/testimonials.php]dating a les paul[/url] couple dating sites

    Anonymous said...

    farmville secrets ebook http://audiobookscollection.co.uk/Sports-and-Entertainment/c2408/?page=2 how to stop smoking ebook [url=http://audiobookscollection.co.uk/Linda-K-Palmer/m76786/]ebook reader with sd card slot[/url] paparoneo ebook

    Anonymous said...

    ebook star begotten http://audiobooksworld.co.uk/es/N-E/m91159/ drawing down the moon ebook [url=http://audiobooksworld.co.uk/The-Proteus-Effect-Stem-Cells-and-Their-Promise-for-Medicine/p226912/]ebook download teach yourself[/url] measurement system analysis ebook
    [url=http://audiobooksworld.co.uk/Warren-F-Ilchman/m131063/][img]http://audiobooksworld.co.uk/image/5.gif[/img][/url]

    Anonymous said...

    windows mobile android software http://buyoemsoftware.co.uk/product-35886/MS-Word-ASCII-Conversion-Chart-Creator-Software-7-0 act fro real estate software [url=http://buyoemsoftware.co.uk/fr/product-31590/Audiofile-Engineering-Loop-Editor-1-5-MAC]temp reading software for aopen motherboard[/url] ace personal trainer software
    [url=http://buyoemsoftware.co.uk/category-200-212/Multimedia-and-Entertainment]Multimedia & Entertainment - Software Store[/url] grace software
    [url=http://buyoemsoftware.co.uk/it/product-25907/Adobe-Web-Premium-CS4][img]http://buyoem.co.uk/image/4.gif[/img][/url]

    Anonymous said...

    what is structural response spectrum software http://buyoemsoftware.co.uk/de/product-36892/SecurityCam-1-1 goldmine software website [url=http://buyoemsoftware.co.uk/category-100-102/Business?page=6]siemens stage5 software[/url] best video splitter software
    [url=http://buyoemsoftware.co.uk/es/category-100-110/Internet]Internet - Software Store[/url] blackberry reconciliation software
    [url=http://buyoemsoftware.co.uk/de/product-16721/Netshred-X-4-1-Mac][img]http://buyoem.co.uk/image/8.gif[/img][/url]

    Anonymous said...

    mettler toledo ps60 scale software http://buysoftwareonline.co.uk/es/category-100-103/Gr-ficas-y-publicaci-n?page=3 best mid range video editing software [url=http://buysoftwareonline.co.uk/es/product-18302/Bookdog-Mac]acr data recovery software inc[/url] best file synchronisation software
    [url=http://buysoftwareonline.co.uk/category-10/Internet?page=4]Internet - Software Store[/url] best ebook software self publishing
    [url=http://buysoftwareonline.co.uk/fr/category-6/Logiciel-de-serveur?page=5][img]http://buyoem.co.uk/image/4.gif[/img][/url]

    Anonymous said...

    organizational chart software comparison http://buysoftwareonline.co.uk/de/category-100-107/Programmierung-and-Entwicklung blumentals software serial [url=http://buysoftwareonline.co.uk/product-36368/Slideshow-Prime-1-0]tax cut software download[/url] submit your url presentation software
    [url=http://buysoftwareonline.co.uk/fr/product-23743/Adobe-Contribute-CS4-Mac]Adobe Contribute CS4 [Mac] - Cheap Legal OEM Software, Software Sale, Download OEM[/url] yahoo directory astrology software
    [url=http://buysoftwareonline.co.uk/product-23459/Filemaker-Pro-Advanced-9-Mac][img]http://buyoem.co.uk/image/3.gif[/img][/url]

    Anonymous said...

    professional african singles dating running of the bride nip slips sharday langdon on dating
    nick zano dating http://freeinternetdating.info/seeking/dave-holland-a-seeking-spirit keith anderson dating holly starr
    green bay speed dating dating a webley mk iv cheats and tips naruto dating sims

    Anonymous said...

    liam neeson dating http://loveepicentre.com/taketour/ sim dating sex games
    new free online dating services [url=http://loveepicentre.com/taketour/]dating swedish women[/url] arkansas dating
    dating simulation video games [url=http://loveepicentre.com/taketour/]michigan teen dating violence survivor stories[/url] younger men dating guy [url=http://loveepicentre.com/user/sanju27/]sanju27[/url] 100 free free dating sites

    Unknown said...

    Indonesia punya F-16

    Unknown said...

    setiap pesawat punya kelebihan, kunjungan balik ya ke blog saya www.goocap.com

    Hovercraft said...

    Pesawat F-16 memang keren.

    Blogger Cage said...

    I am a regular reader of your blog. This post is really nice. keep up the good stuff like this. Sqribble Review.